Kamis, 03 Januari 2013

2013, AS Harapkan Perdamaian Israel & Palestina



Foto : Abbas & Netanyahu (AP)
Foto : Abbas & Netanyahu (AP)

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengutarakan harapannya atas kelanjutan dialog Israel dan Palestina pada tahun ini. Menurut AS, kedua belah pihak itu sudah saling menunjukkan itikad baik untuk melanjutkan dialog.

"Sebagaimana kita membuka kalender baru di 2013, ini adalah saatnya bagi pemimpin kedua pihak itu menunjukkan kepemimpinan yang sesungguhnya. Mereka harus kembali ke meja negosiasi," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Victoria Nuland, seperti dikutip AFP, Kamis (3/1/2013).

Negeri Paman Sam mengajak Israel dan Palestina menunjukkan keseriusan mereka dalam mendukung solusi dua negara dan menghindari tindakan-tindakan sepihak. Nuland juga berpendapat, priode kedua Presiden Barack Obama dan Pemilu Israel akan sangat berpengaruh pada isu perdamaian Palestina.

"Kita semua menghadapi situasi yang cukup sulit pada 2013, jadi, pertanyaan yang muncul adalah, apakah kita bisa memulai langkah baru yang lebih segar pada 2013, dan saling menahan diri. Kita ingin, 2013 menjadi tahun yang lebih baik," paparnya.

Sejak dialog Israel dan Palestina berakhir, Presiden Palestina Mahmoud Abbas menolak seluruh mekanisme dialog yang diusulkan AS. Bersamaan dengan itu, Israel tetap melanjutkan proyek pembangunan pemukiman di Yerusalem.

Tindakan Palestina yang baru saja memperbaharui statusnya di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuai kecaman dari AS dan Israel. Negeri Yahudi menyebut langkah itu sebagai tindakan yang sepihak dan menuduh Palestina mengabaikan dialog.(AUL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Read more: Cara Membuat Menu Navigation Slide Out Dengan JQuery | Tutorial For You http://www.tutorial-4u.com/2012/06/cara-membuat-menu-navigation-slide-out.html#ixzz2GVqyZaQS Under Creative Commons License: Attribution Share Alike Follow us: @tutorialforyou2 on Twitter | tutorialforu on Facebook